Mengenal Raspberry Pi : Microcontroller Yang Serba Bisa

Raspberry Pi, sering disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (single-board circuit; SBC) yang seukuran dengan kartu kredit yang dapat digunakan untuk menjalankan program perkantoran, permainan komputer, dan sebagai pemutar media hingga video beresousi tinggi. Raspberry Pi dikembangkan oleh yayasan nirlaba, Rasberry Pi Foundation, yang digawangi sejumlah pengembang dan ahli komputer dari Universitas Cambridge, Inggris.

Ide dibalik Raspberry Pi diawali dari keinginan untuk mencetak pemrogram generasi baru. Seperti disebutkan dalam situs resmi Raspberry Pi Foundation, waktu itu Eben Upton, Rob Mullins, Jack Lang, dan Alan Mycroft, dari Laboratorium Komputer Universitas Cambridge memiliki kekhawatiran melihat kian turunnya keahlian dan jumlah siswa yang hendak belajar ilmu komputer. Mereka lantas mendirikan yayasan Raspberry Pi bersama dengan Pete Lomas dan David Braben pada 2009. Tiga tahun kemudian, Raspberry Pi Model B memasuki produksi massal. Dalam peluncuran pertamanya pada akhir Febuari 2012 dalam beberapa jam saja sudah terjual 100.000 unit. Pada bulan Februari 2016, Raspberry Pi Foundation mengumumkan bahwa mereka telah menjual 8 juta perangkat Raspi, sehingga menjadikannya sebagai perangkat paling laris di Inggris. [ https://id.wikipedia.org/wiki/Raspberry_Pi ].

Seri-Seri Raspberry Pi

Sampai saat ini, Raspberry sudah merilis 4 jenis raspberry pi yakni Raspberry Zero , 1 , 2 , dan 3 , masing-masing mempunyai perbedaan spesifikasi seperti berikut ini :

aaa

Sistem Operasi Populer Raspberry Pi

Untuk menjalankan Raspberry Pi pengguna tentunya memerlukan sistem operasi yang dijalankan melalui SD Card pada board Raspberry Pi. Sistem operasi yang bisa dijalankan untuk Raspberry Pi juga sudah cukup banyak dan masing-masing mempunyai kelebihan tersendiri diantaranya sebagai berikut :

  1. Raspbian
    debian-logo
    Raspbian adalah sistem operasi bebas berbasis Debian GNU / Linux dan dioptimalkan untuk perangkat keras Raspberry Pi(arsitektur prosesor armhf). Raspbian dilengkapi dengan lebih dari 35.000 paket, atau perangkat lunak pre-compiledpaket dalam format yang bagus untuk kemudahan instalasi pada Raspberry Pi. Awal di rilis sejak Juni 2012, menjadidistribusi yang terus aktif dikembangkan dengan penekanan pada peningkatan stabilitas dan kinerja sebanyak mungkin.Meskipun Debian menghasilkan distribusi untuk arsitektur lengan, Raspbian hanya kompatibel dengan versi yang lebih baru dari yang digunakan pada Raspberry Pi (ARMv7 CPU-A dan vs Raspberry Pi ARMv6 CPU yang lebih tinggi).
  2. NOOBS
    noobs
    NOOBS adalah system operasi pada Raspberry Pi yang sangat mudah . Anda tidak memerlukan akses jaringan, dan Anda juga tidak perlu mengunduh program spesial untuk imaging (mengkloning image sistem operasi ke SD Card). Cukup masuk ke halaman unduh, dan ambil file zip dari NOOBS, unzip/ekstrak pada SD card yang telah diformat dengan ukuran 4GB atau lebih besar. Ketika Anda menyalakan Raspi untuk yang pertama kali, Anda akan melihat sebuah menu yang menanyakan Anda untuk menginstal salah satu dari beberapa sistem operasi pada sisa space pada SD card. Pilihannya berarti Anda bisa menyalakan Raspi dengan sistem operasi reguler seperti Raspbian, atau dengan sistem operasi spesifik untuk media-center seperti RaspBMC.
  3. RISCS OS
    raspberry
    RISC OS (Reduced Instruction Set Computing)  merupakan sistem operasi British. Didesain secara khusus untuk prosesor berbasis ARM oleh tim yang sama yang membuat ARM yang asli dan dibuat pertama kali pada tahun 1987. RISC OS sangat cepat, kompak dan efisien. Dikembangkan dan dicoba oleh komunitas loyal dari berbagai developer dan penggguna. RISC OS sebenarnya bukan merupakan versi dari Linux, bukan juga dalam sisi apapun berkaitan dengan Windows. RISC OS memiliki banyak fitur tingkat lanjut dan segala aspek pada desainnya, khususnya bagi pengguna tingkat lanjut.
  4. Windows 10 IoT Corewindows-10-on-raspberry-pi-2-logo-710x399
    Windows 10 IOT, atau windows 10 Internet Of Things adalah versi os windows 10 yang khusus dikembangkan untuk single board computer seperti Raspberry Pi, dapat bekerja dengan atau tanpa layar display.

    KOMPONEN PADA RASPBERRY PI 3

zcc

  1. Prosesor Broadcom BCM2837 1.2 Ghz
  2. 4 Port USB : Port standart komputer untuk menghubungkannya dengan piranti lain. Port ini mempunyai kecepatan tinggi sesuai dengan versinya, bila dibandingkan dengan port serial maupun port paralel. Contohnya digunakan untuk camera digital, hardisk eksternal, keyboard mouse usb, modem dan peralatan tambahan komputer lainnya.
  3. 1 Port HDMI : HDMI (High-Definition Multimedia Interface) adalah port yang sering digunakan pada berbagai perangkat audio visual dan mampu mengalirkan bandwidth hingga hitungan Gigabyte. Port HDMI bisa digunakan untuk mengkoneksikan seluruh sumber audio/video berbentuk digital seperti Blu-ray Disc Player, PC, Video game Console, telivisi digital dan smartphone.
  4. 1 Port Audio 3.5mm: Port audio atau soundcard adalah periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara. Digunakan untuk menghasilkan output suara (speaker, headphone) dan juga input suara dengan microfon.
  5. 1 Port SDCARD: Port yang digunakan untuk menghubungkan memori SDCARD dengan Raspberry Pi.
  6. Ethernet LAN Port : Port LAN atau lan card digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan lainnya yang membentuk jaringan komputer dalam suatu wilayah. Jaringan LAN biasanya hanya mencakup satu gedung rumah, misalnya jaringan LAN di kantor, hotel, bandara, warnet dll.
  7. GPIO Pin yang terdiri dari 40 pin dengan berbagai fungsi.
  8. Port Micro USB sebagai power untuk Raspberry Pi dengan daya maksimum 2.5 A dan konsumsi listrik 750mAh/5DVC.
  9. DSI ( Display Serial Interface )
  10. CSI Port ( Camera Serial Interface )

10 Bahasa Pemograman Terpopuler Yang Sering Digunakan Pada Raspberry Pi

  1. Scratch

Scratch adalah sebuah bahasa pemrograman visual untuk lingkungan pembelajaran yang memungkinkan pemula (entah murid, guru, pelajar, atau orangtua) untuk belajar membuat program tanpa harus memikirkan salah-benar penulisan sintaksis. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh MIT Media Lab dari Massachusetts Institute of Technology. Dengan Scratch, pengguna dapat membuat sendiri animasi, permainan, karya kesenian, dan lain-lain.

  1. Python

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif.

  1. HTML 5

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

  1. Javascript

JavaScript (/ˈdʒɑːvəˌskrɪpt/) adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

  1. JQuery

jQuery adalah sebuah library JavaScript. Dalam dunia pemrograman, library adalah kumpulan dari berbagai fungsi ‘siap pakai’ untuk memudahkan pembuatan sebuah aplikasi. Dengan demikian, jQuery adalah kumpulan fungsi-fungsi JavaScript yang memudahkan penulisan kode JavaScript.

  1. Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.

  1. C

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi.

  1. C++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B.

  1. PERL

Perl adalah bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1.

  1. ERLANG

Erlang adalah sebuah bahasa pemrograman yang dirancang untuk mengembangkan sistem yang kuat dari program yang dapat didistribusikan di antara komputer yang berbeda dalam suatu jaringan. Nama erlang diambil dari sebuah nama pakar matematika yaitu Denmark Agner Krarup Erlang, bahasa ini dikembangkan oleh Ericsson Ilmu Komputer Lab untuk membangun sebuah perangkat lunak produk telekomunikasi sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s